Bebaskeun~

Beberapa dari kalian mungkin engeh kalau gue sering banget mengeluh lemas atau sakit kepala dan berkunang-kunang di timeline. Dan memang sering kali gue merasa cepat sekali lelah dan mudah mengantuk walau pun jam tidur sudah normal. Kalau kalian juga sering merasa lemah, lesu, lunglai dan cepat mengantuk serta sulit konsentrasi, kemungkinan besar kalian lagi bokek β€”eh, Anemia alias kekurangan darah.

Sebagai Ibu dari dua anak laki-laki (yang satu dua tahun, yang satu lagi 30 tahun –if you know what I mean.) Seharusnya lebih memungkinkan kalau gue darah tinggi deh karena kelakuan mereka. Karena gue merasa bahwa gue ini Anemia, gue bela-belain bangun pagi dan janjian sama Teh Nita, Rahne dan lain-lain untuk datang ke acara Indonesia Bebas Anemia 2017 di lapangan parkir Keong Mas, TMII.

Indonesia Bebas Anemia 2017

Di sini, gue konsultasi seputar gejala yang sering gue alami belakangan ini. Dan ternyata bener dong, kata mbak konsultannya, gue berpotensi Anemia! Hadeuh.
Tanda Anemia itu bisa dilihat dengan mata telanjang ternyata:

  • Kutikula kuku yang pucat, itu adalah salah satu tanda bahwa gue kekurangan darah merah.
  • Warna kelopak dalam mata terlihat pucat. 

Nah, untuk mengecek warna kelopak dalam mata itu pakai Conjunctival Paleness Chart. Dari chart itu kalau warna kelopak dalam mata lo ada di angka <10, kemungkinan besar lo juga berpotensi Anemia! Omo~

Konsultasi dan check Anemia
Konsultasi Anemia

Anemia masih bisa dicegah asal kita memperhatikan komposisi makanan yang kita konsumsi; kalau yang sudah berpotensi macam gue gini, gue harus rajin makan daging merah dan sayuran hijau atau dibantu dengan suplemen penambah darah.

Memperhatikan makanan nggak sulit sih, yang sulit itu mengurangi kopi. Ya rabb~ sebagai orang yang tidak bisa berfungsi dengan baik sebelum ngopi, aku harus apa. Oh ternyata, baiknya tuh sebelum makan atau setelah makan harus dikasih jeda minimal 2 jam. Yha, agak sulit pasti ya nahan ndak ngopi. Tapi ya namanya juga buat kesehatan, berkorban ndak apalah.
Di acara Indonesia Bebas Anemia ini, tidak hanya ada konsultasi tanya jawab seputar Anemia, tapi juga ada booth donor darah.

Donor darah dulu!
Salut sekali sama yang berani donor darah.
 

Tadinya gue berencana untuk ikutan donor darah karena gue belum pernah mendonorkan darah gue sekalipun, paling mentok donor darah ke nyamuk doang. Tapi nggak jadi karena gue takut black out dan malah nyusahin orang karena belum sarapan proper.

Dan ternyata waktu gue lihat temen gue β€”Kak Rere diambil darahnya, gue merasa keputusan untuk nggak donor darah dulu adalah tepat. Jarumnya geda banget tjoy. Ya rabb. Terus, darah yang diambil sampai 350cc. Salutlah sama kalian yang sudah pernah bahkan jadi pendonor rutin! Gue lihat ukuran kantung darahnya aja udah lemes duluan.

Bloodbank
Kamu pernah donor darah belum?
 
Apalah bangun di pagi hari tanpa keriaan senam, ya kan? Kadang, gue kalau berpindah tempat atau dari posisi duduk langsung berdiri, itu bisa kunang-kunang. Nah itu juga salah satu ciri Anemia, yang mana senam ini banyak banget pakai gerakan jongkok berdiri macam jumping jack gitu. 

Kalau kalian bebas anemia, mau gerakan senam atau pas beraktivitas cepatnya kayak apa pun, pindah posisi semendadak apa pun kalian nggak akan ngerasain dan ngalamin mata langsung kunang-kunang dan lemes.

Gue mah, nggak usah ditanya. Baru bentar udah melipir cari kipas.

Senam 5 menit bebas anemia
Mona Ratuliu sebagai duta Bebas Anemia
Confetti~
 It was fun to wake up so early on Sunday morning, breathe in the fresh air and feels so good. Yang gue sadari hari ini adalah bangun pagi-pagi banget terus olahraga itu enak ternyata ya, terus gue jadi sadar bahwa gue sering kali lalai sekali memperhatikan pola makan dan kesehatan tubuh gue. Padahal aktivitas padat dan kadang kurang waktu tidur, tapi nggak sambil dibantu jaga dengan olahraga rutin atau mengatur apa yang dikonsumsi biar badan gue nggak drop.

I’m gonna sounds old, tapi coba deh perhatikan tubuh dan kesehatan kamu lebih dari sebelumnya. Mulai dari yang kecil aja kalau rutin olahraga kayaknya males banget. Kayak, tidur yang cukup dan makan yang teratur.

Paling enak kalau badan sehat dan fit, mau ngapa-ngapain juga bebas! Ya nggak?

Bebaskeun~
4 thoughts on “Bebaskeun~

  1. Kemarin sebenernya kuatir ga lulus screening buat donor karena biasanya Hb selalu rendah. Untungnya beberapa hari terakhir makanannya rame zat besi.

Leave a Reply

