Periods Gone Wild.

5ac89e589c310e4f1db74a7c20cdb353

Tadinya gue termasuk orang yang nggak percaya sama PMS atau apa pun itu sebutannya, tapi somehow ketika gue merasa emosi lagi nggak bisa terbendung, atau tiba-tiba jadi over sensitive dan jadi mudah fed up sama hal kecil, secara tidak sadar ketika gue lihat kalender itu pasti beberapa hari sebelum gue mens.

Nanti setelah mens, gue akan merasa baik-baik saja lagi kayak nggak ada apa-apa. And to think about it, hal yang kemarin bikin gue kesal sampai nangis ya ternyata biasa aja.

Belum lagi kalau pas mau mens pinggang itu rasanya kayak ditarik gravitasi bumi sampai mau nyentuh tanah saking pegelnya. Dan yang sudah tiga tahun belakangan ini gue rasakan adalah; period cramps yang allahuakbar sakitnya masyaAllah gue nggak main-main.

Gue pernah bikin thread soal itu di Twitter dan ternyata… Itu biasa :’)

Ya maafkan aku sobat-sobat wanita, aku sungguh awam di dunia period cramps ini dan sungguhlah bikin gue heran karena dulu sebelum gue melahirkan, gue nggak pernah sama sekali tuh yang namanya ngerasain cramps parah yang bikin merem melek dan sakitnya sampai ubun-ubun. Yet, manusia memanglah tidak boleh jumawa atas apa pun, langsung lah gue dikasih period cramps parah tiga tahun terakhir.

Makanya, sekarang gue kalau mau mens itu extra galak karena udah ngebayangin period cramps yang pastinya bikin gue hari pertama dan kedua moodnya ambyar seada-adanya lalu membuat gue lebih sensitif.

“Ooh, sensitif ooh.” Ujar netizen.

Not in that kind of particular way, ya rabb. Gue yakin pasti setiap perempuan punya caranya atau bahkan hal-hal yang harus ada sebelum menghadapi mens. Ada yang harus makan cokelat, atau dengan cara cari es krim atau makanan apa pun yang dia suka. Ada yang maunya diusap-usap aja sambil dusel *YA INI GUE JUGA, HEY!* atau sebelum dan saat mens ada yang pengen di rumah aja nggak kerja tapi dapat pemasukan terus setiap bulan… Eh.

Nah kalau Menstrual Kit gue untuk menghadapi hari-hari menstruasi agar terkondisikan dengan baik kurang lebih kayak gini;

  1. Siapkan obat pereda nyeri haid yang lo andalkan. Biar kalau tiba-tiba dapat serangan dadakan dari perut, lo bisa langsung kasih serangan balik biar sakitnya nggak terlalu lama.
  2. Minyak Telon, Minyak Kayu Putih atau Tiger Balm untuk diusap ke bagian perut bawah kalau ingin yang hangat-hangat tapi pasangan lagi nggak ada apalagi untuk yang nggak punya pasangan. *dihunus tatapan tajam netizen ibukota*
  3. Beli makanan apa saja yang lagi gue pengen saat itu. Apa saja! Because I deserve any kind of food that I crave. Yeah! YEAH!
  4. Menjaga area vagina sebelum harinya mens untuk lebih siap menghadapi tamu kita yang agung itu setiap bulan. Serius ini, kalau lo nggak jaga kebersihan kewanitaan lo bahkan sebelum, saat dan setelah mens, yang ada malah lebih gampang gatal karena terkena jamur penyebab keputihan atau malah lebih rentan terkena infeksi saat mensturasi. Udahlah lagi kesel karena nyeri haid plus vagina pegal, eh ketambahan gatal-gatal. Enggak kali ya shay.

“Lo pernah keputihan, Lik? Ew.” Ujar netizen.

Ya pernah, shay! Ada yang keputihannya parah, ada yang keputihannya biasa saja. Tapi rata-rata perempuan pernah mengalami keputihan. Kalau dulu waktu gue SMP dan masih berantakan banget karena terlalu cuek untuk peduli dengan hal-hal yang yakelah choy yawda sih gatel doang, penyebab keputihannya ya karena gue selalu asal mencuci alat kewanitaan hanya dengan sabun biasa dan bukan sabun khusus atau yang ada kandungan godokan sirihnya gitu. Ya kan gue pikir sirih cuma buat mimisan ya, ehe. Ternyata selain buat berhentiin darah mimisan, sirih bagus juga buat bersihin area kewanitaanku yang maha berharga ini.

Tapi kan itu dulu, waktu jaman Lika masih polos. *WASAILOS*

Kalau sekarang, karena aktivitas makin padat; juggling jadi ibu, jadi netizen dengan segudang agenda sosial yang harus dijalani belum termasuk meeting-meeting kantor dan tentunya belajar dari kesalahan untuk tidak menganggap remeh kebersihan area intim gue, setiap habis mandi gue membiasakan diri untuk mencuci area kewanitaan dengan Resik V Godokan Sirih.

Processed with VSCO with u3 preset

Jadi, untuk saudara-saudara perempuan yang aku sayangi. Menjaga kebersihan area vagina itu setidaknya mengurangi salah satu alasan kamu untuk mood swing saat menstruasi biar nggak tersiksa karena gatal-gatal keputihan atau infeksi. Biar kamu bisa mengalihkan tenaga kamu dan keinginan kamu mood swing atau sensitif ke pasangan kamu saja! Bikin dia kesal kek, suruh dia beli es krim rasa Strawberry terus pas balik langsung ganti rasa jadi ingin rasa Cokelat kek dan lain sebagainya, dijamin kalau lagi PMS gini jakun lo nggak akan di sliding tackle karena…

Perempuan PMS itu nggak selalu benar, tapi perempuan PMS itu selalu punya pembenaran. Bukan begitu, wahai? *disikut ramai-ramai*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s